No

INDIKATOR

TARGET

2021-2022

CAPAIAN SEBELUMNYA

TARGET

2022-2023

REFERENSI

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

1.        

Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup perguruan tinggi atau fakultas oleh lembaga internasional atau internasional bereputasi

3

1 (ASIC)

2

(ASIIN, FIBAA)

APT

2.        

Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup perguruan tinggi atau fakultas oleh lembaga nasional bereputasi (selain BAN-PT)

ISO 9001:2015

1

(ISO 21001:2018)

APT

3.        

Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup unit (laboratorium, perpustakaan, dll) oleh lembaga nasional atau internasional bereputasi

1

1

APT

4.        

Perolehan akreditasi program studi oleh lembaga akreditasi internasional bereputasi

16

13 (ASIC)

3

(Ekonomi Pembangunan, Statistika, Farmasi)

APT

5.        

Perolehan status terakreditasi program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Unggul : 6 (PWK & I.Komunikasi, Psikologi)

A : 5

Baik Sekali : 7 (Statistika, MPSI & Perbankan Syariah)

B : 10

Baik : 2

Unggul : 6

A : 5

Baik Sekali : 4

B : 13

Baik : 4

Unggul : 7 (MIKOM)

A : 5

Baik Sekali : 7 (MPWK, TI, TMBG)

B : 9

Baik : 4

APT

6.        

Persentase jumlah pelaksanaan kerja sama pendidikan, penelitan dan PkM di tingkat internasional (rasio terhadap jumlah dosen tetap)

2.11%

17,84%

(83/465)

4.22% (20 kerja sama internasional)

Renstra

7.        

Persentase jumlah pelaksanaan kerja sama pendidikan, penelitan dan PkM di tingkat nasional (rasio terhadap jumlah dosen tetap)

 

 

15.35%

41,38%

(192)

16.90% (80 kerja sama nasional)

Renstra

8.        

Jumlah kerja sama (SPK) dengan perguruan tinggi yang masuk ke dalam kategori QS World University Rankings by Subject

1

3

(University of Malaya)

2

Renstra

9.        

Jumlah kerja sama dengan perguruan tinggi tingkat nasional

45

108

50

Renstra

10.     

Jumlah kerja sama dengan Industri Dunia Kerja dan Dunia Usaha (IDUKA), dan organisasi nirlaba dalam negeri

49

32

59

Renstra

11.     

Jumlah kerja sama dengan IDUKA, dan organisasi nirlaba luar negeri

5

5

9

Renstra

12.     

Rasio jumlah pendaftar terhadap jumlah pendaftar yang lulus seleksi pada program utama (S1)

1:3.00

Jumlah pendaftar S1 = 7685

Jumlah pendaftar lulus seleksi S1 = 3977

 

Rasio: 7685 / 3977 = 1:1,93

1:3

Renstra

13.     

Persentase jumlah mahasiswa asing terhadap seluruh jumlah mahasiswa

 

0.26%

2 / 12.027 = 0,0166%

 

2 org mahasiswa asing jenjang sarjana

 

Mahasiswa aktif jenjang sarjana 12.027

0.26%

Renstra

14.     

Persentase dosen tetap dengan pendidikan doktor/doktor terapan/subspesialis yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi

35%

33,51%
(192/573)

 

Dosen tetap (NIDN + NIDK)

 

Jumlah Dosen NIDN: 465

Jumlah Dosen NIDK: 108

Total: 573

 

Jumlah Dosen Doktor

NIDN: 166

NIDK: 26

Total: 192

 

 

 

 

40%

 

Proyeksi Penambahan Dosen pendidikan S3

·     Tambang: 1

·     Syariah: 1

·     Psikologi: 1

·     Fikom: 2

Dakwah: 1

Renstra

15.     

Jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional Guru Besar terhadap jumlah seluruh dosen tetap

17

19 GB (3,31%)

Profesor (NIDN)

1.     A Harits Numan

2.     Atie Rachmiatie

3.     Atih Rohaeti Dariah

4.     Dey Ravena

5.     Edi Setiadi

6.     Hilwati Hindersah

7.     Muhardi

8.     Nandang Sambas

9.     Neni Sri Imaniyati

10. Neni Yulianita

11. Toto Tohir

 

Minus Alm.Prof Dikdik

 

Profesor (NIDK):

1.     Hendro Sudjono Yuwono

2.     Herri S Sastramihardja

3.     Jusuf Sulaeman Effendi

4.     Maman Abdurrahman

5.     Nanan Sekarwana

6.     Nuzirwan Acang

7.     Rachmat Syafe’i

8.     Sutawanir Darwis

23   GB (4.01%)

 

Proyeksi Penambahan GB

 

1.       Bu Ike (sudah keluar SK profesornya)

2.       Pa Wildan

3.       Bu Dila

4.       Bu Ina

 

 

APT

16.     

Persentase dosen tetap dengan jabatan lektor kepala yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi

 

 

20.26%

18,85% (108/573)

 

Jumlah Dosen LK

NIDN: 91

NIDK: 17

Total: 108

 

 19.54% (112/573)

 

Yg Sedang Proses LK:

Proses Dikti :

1.     Rini lestari

2.     Santun bhekti rahimah

3.     Ade Mahmud

4.     Udin saripudin

Renstra

17.     

Persentase jumlah dosen yang memiliki sertifikat pendidik  profesional /sertifikat profesi terhadap jumlah seluruh dosen tetap

80%

62,65% (359/573)

Dosen Yang memiliki Serdos

NIDN: 333

NIDK: 26

 

 

66,8% (383/573)

 

Yang Potensial bs serdos jk melihat kualifikasi sudah punya jabfung dan pangkat: 24 org (sudah termasuk dirosah)

APT

18.     

Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap jumlah seluruh dosen

10%

23,57

(13509/573)

 

Jumlah Mahasiswa aktif:

Sarjana: 12.027

Profesi: 462

Magister: 947

Doktor: 73

Total: 13.509

 

Jumlah Dosen Tetap (NIDN+NIDK): 573

Skor 4 =

20 – 30

APT

 

 

19.     

Rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap

20 – 30

32.79

(478/14579)

Skor 4 =

20 – 30

APT

20.     

Persentase judul penelitian dosen tetap dengan sumber pembiayaan luar negeri

5%

(24 judul)

(3 judul)

(Form AMI LPPM)

5%

(24 judul)

APT

 

Ke LPPM

21.     

Persentase judul penelitian dosen tetap dengan sumber pembiayaan DN (nasional)

10% (49 judul)

(74 judul)

(Form AMI LPPM)

10% (49 judul)

APT

22.     

Persentase judul PkM dosen tetap dengan sumber pembiayaan luar negeri

1 % (5 judul)

3 judul

(Form AMI LPPM)

1 % (5 judul)

APT

23.     

Persentase judul PkM dosen tetap dengan sumber pembiayaan DN (nasional)

2% (9)

29 judul

(Form AMI LPPM)

2% (9)

APT

 

 

24.     

Rata-rata jumlah pengakuan atau rekognisi dosen tetap

16.67% (80)

88,60%

(412/465)
(rekap Formulir)

Skor 4 =

16.67% (80)

APT

25.     

Persentase dana perguruan tinggi yang berasal dari mahasiswa  terhadap total perolehan dana perguruan tinggi.

59.31%

52.02%

52.02%

Renstra

26.     

Persentase perolehan dana perguruan tinggi yg bersumber dr selain mahasiswa dan kementerian/lembaga terhadap total perolehan dana perguruan tinggi

 

 

7.63%

5.37%

5.4%

APT/Renstra

27.     

Penggunaan dana untuk operasional pendidikan per mahasiswa per tahun (DOP)

17.65 juta

 

17.64 juta

 

 

18.15 juta

APT/Renstra

28.     

Rata-rata dana penelitian dosen/ tahun

14.1 juta

44.80

(rekap AMI)

15.1 juta

APT/Renstra

29.     

Rata-rata dana PkM dosen/ tahun

5 juta

20.20

(rekap AMI)

7.60 juta

APT/Renstra

30.     

Persentase penggunaan dana penelitian terhadap total dana perguruan tinggi.

2.82%

11.97%

(Form AMI Keuangan)

 

3.54%

APT/Renstra

31.     

Persentase penggunaan dana PkM terhadap total dana perguruan tinggi

0.76%

0.75%

(Form AMI Keuangan)

 

1.01%

APT

32.     

Persentase prestasi akademik mahasiswa di tingkat internasional (dibawah bimbingan dosen pembimbing)

 

 

0.08%

0.08%

(rata-rata AMI UPPS)

0.14%

(21/14579)

 

(Form AMI Kemahasiswaan)

Skor 4 = 0.017%

 

Target = 0.10%

 

APT/Renstra

33.     

Persentase prestasi akademik mahasiswa di tingkat nasional (dibawah bimbingan dosen pembimbing)

0.40%

0.54%

(rata-rata AMI UPPS)

 

0.0006%

(10/14579)

(Form AMI Kemahasiswaan)

0.33%

(43 juara)

 

Target = 0.47%

 

APT/Renstra

34.     

Persentase prestasi non-akademik mahasiswa di tingkat internasional

0.33%

0.13%

(rata-rata AMI UPPS)

 

Skor 4 = 0.03%

 

Target = 0.48%

APT/Renstra

35.     

Persentase prestasi non-akademik mahasiswa di tingkat nasional

0.51%

0.47%

(rata-rata AMI UPPS)

 

 

Target = 0.68%

APT/Renstra

 

 

36.     

Jumlah responden tracer study (1 angkatan)

50%

P:2004

R:1919

 

95.76%

50%

APT

37.     

Rata-rata Masa Tunggu (RMT) lulusan memperoleh pekerjaan yang pertama

 

Maksimal 6 Bulan

3.76 bulan

(Data tracer)

Skor 4 = 6 bulan

APT

38.     

Persentase lulusan sarjana yang mendapat pekerjaan dengan gaji lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum

31,26%

19,56%

(Data tracer)

38,17%

IKU PTN / RENSTRA

39.     

Persentase lulusan sarjana yang berwirausaha dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus atau sudah berwirausaha sebelum lulus dan pendapatan lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum

11,33%

6,04%

(Data tracer)

12.55%

IKU PTN / RENSTRA

40.     

Persentase lulusan sarjana yang melanjutkan studi di dalam atau luar negeri kurang dari 12 bulan setelah lulus

15,94%

5,99%

(Data tracer)

16.86%

IKU PTN / RENSTRA

41.     

Persentase lulusan magister yang melanjutkan studi di dalam atau luar negeri kurang dari 12 bulan setelah lulus

4,55%

5.55%

IKU PTN / RENSTRA

42.     

Persentase lulusan sarjana yang menjadi pekerja lepas dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus atau sudah menjadi pekerja lepas sebelum lulus dan pendapatan lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum

4,23%

1.50%

(Data tracer)

4.69%

IKU PTN / RENSTRA

43.     

Kesesuian bidang kerja lulusan (program utama)

55%

62.56%

(Data tracer)

57%

APT/RENSTRA

44.     

Jumlah responden   lulusan yang dinilai oleh pengguna lulusan

10%

21.31%

(Data tracer)

12%

APT

45.     

Persentase jumlah judul  publikasi dosen di jurnal internasional bereputasi terhadap dosen tetap

5.7%

31.39%

(146/465)

(rekap form SPMI prodi)

8.6%

APT/Renstra

46.     

Persentase jumlah dosen yang publikasi di jurnal internasional dan jurnal nasional terakreditasi terhadap dosen tetap

10%

46.66%

(217/465)

(rekap form SPMI prodi)

10.55%

APT/Renstra

47.     

Persentase jumlah dosen yang publikasi di seminar internasional/ tulisan di media massa terhadap dosen tetap

 

3.4%

36.98%

(172/465)

(rekap form SPMI prodi)

Skor 4 = 3.4%

APT/Renstra

48.     

Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap berupa paten dan paten sederhana

7,17%

23.87%

(111/465)

(rekap form SPMI prodi)

7,59%

APT/Renstra

49.     

Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap yang mendapatkan pengakuan HAKI (hak cipta, desain industri, perlindungan varietas tanaman, desain tata letak sirkuit terpadu)

18,35%

18.06%

(111/465)

(rekap form SPMI prodi)

20.46%

APT/Renstra

50.     

Persentase Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap dalam bentuk teknologi tepat guna, produk terstandardisasi, produk tersertifikasi, karya seni, rekayasa sosial

1.27%

0.64%

(3/465)

(rekap form SPMI prodi)

1.48

APT/Renstra

51.     

Persentase Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap yang diterbitkan dalam bentuk buku ber-ISBN, book chapter

21,68%

32.04%

(149/465)

(rekap form SPMI prodi)

22,68%

APT/Renstra

52.     

Persentase mahasiswa yang mendapatkan paling sedikit 20 SKS dari kegiatan di luar kampus (dengan dosen pembimbing)

5,00%

4,14%

 

5%

IKU PTN/Renstra

53.     

Persentase prodi S1 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra heptahelix (pemerintah/organisasi, IDUKA, perguruan tinggi, masyarakat/asosiasi,) kelas dunia dalam pengembangan kurikulum, penyerapan lulusan dan kegiatan tridarma lainnya

 

(mitra kelas dunia termasuk didalamnya mitra dalam negeri namun spectrum kegiatannya di lingkup internasional dan mitra yang domisili di luar negeri) – perlu pembahasan lebih lanjut

10,53%

17.02%

IKU PTN/Renstra

 

54.     

Persentase mata kuliah S1 yang menggunakan metode pembelajaran, pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (tim base project) sebagai 50% bobot evaluasi

1%

62,12%

 

 

60 %

IKU PTN/Renstra

55.     

Persentase jumlah karya rujukan (handbook, textbook, monograf, ensiklopedia, dan kamus) yang diakui secara internasional

0,21%

0.63%

IKU PTN/Renstra

56.     

Persentase jumlah penelitian yang diterapkan atau dikerjakan untuk lembaga pemerintah, perusahaan swasta, BUMN/BUMD, organisasi nirlaba, organisasi mutilateral atau internasional

11,48%

12.21%

IKU PTN/Renstra

57.     

Persentase jumlah karya terapan (produk fisik, digital, dan algorithma) yang mendapat penghargaan atau dipakai oleh perusahaan/organisasi pemerintah/non-pemerintah

7,22%

7.48

IKU PTN/Renstra

58.     

Jumlah penghargaan atas prestasi dan kinerja di tingkat internasional

12

15

IKU PTN/Renstra

59.     

Jumlah penghargaan atas prestasi dan kinerja di tingkat nasional yang diakui oleh asosiasi yang terdaftar di Kementrian Perindustrian dan KADIN

5

8

IKU PTN/Renstra

60.     

Jumlah dosen yang berkegiatan tridarma di kampus lain (QS100) berdasarkan bidang ilmu (yang dibuktikan melalui kontrak atau surat keputusan antara perguruan tinggi asal dan organisasi luar kampus)

1

3

IKU PTN/Renstra

61.     

Jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di dunia industri sebagai peneliti, konsultan, pegawai penuh waktu atau paruh waktu (yang dibuktikan melalui kontrak atau surat keputusan antara perguruan tinggi asal dan organisasi luar kampus)

95

97

IKU PTN/Renstra

62.     

Jumlah dosen membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional atau internasional

8

11

IKU PTN/Renstra

63.     

Jumlah dosen praktisi (berpendidikan S3 yang relevan dengan prodi, memiliki sertifikasi kompetensi atau profesi yang diakui, atau berpengalaman profesional di DUDI) yang mengajar di dalam kampus

63

68

IKU PTN/Renstra

64.     

Presentase tenaga kependidikan (di luar laboran) yang memiliki sertifikat kompetensi terhadap jumlah seluruh tendik tetap

66,00%

65.00%

69.00%

IKU PTN/Renstra

65.     

Presentase laboran yang memiliki sertifikat laboran dan sertifikat kompetensi lainnya

90,00%

68.00%

70.00%

IKU PTN/Renstra

STANDAR KHUSUS UNISBA

66.     

Jumlah kelas internasional*

Persiapan

Persiapan

Pembukaan

1 prodi

(Prodi Manajemen “FEB”)

Renstra

67.     

Jumlah pusat unggulan IPTEK dan laboratorium berorientasi profit *

3

4

Renstra

68.     

Jumlah kegiatan ilmiah berskala nasional dan internasional (seminar, konferensi, kuliah tamu, bedah buku, pameran produk teknologi dan/atau seni)*

70

75

Renstra

69.     

Jumlah jurnal terakreditasi yang ada di lingkungan Unisba*

4

13

(data upt pub)

15

 

Penambahan:

1.     PWK

2.     Matematika

 

Renstra/AMI/UPT Publikasi

70.     

Jumlah jurnal internasional bereputasi yang ada di lingkungan Unisba *

2 (belum bereputasi)

2 (belum bereputasi)

3 (belum bereputasi)

 

Potensi penambahan terdiri dari:

 

Fakultas: 1

Universitas: 2

Renstra

71.     

Jumlah prodi dengan kurikulum yang berbasis Outcome Based Education (OBE)

2

4

 

Prodi Statistika, Farmasi, Ekonomi Pembangunan, dan Hukum Keluarga Islam.

5

 

Potensi penambahan dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah

 

 

Renstra

72.     

Persentase tema PPkM yang menginternalisasi nilai-nilai Islam dan berorientasi internasional*

37,00%

40.00%

Renstra

73.     

Persentase penelitian dosen dan mahasiswa yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam

25%

68.08%

30%

AMI/Formulir SPMI Prodi

74.     

Persentase  PkM dosen yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam

25%

74.84%

30%

AMI/Formulir SPMI Prodi

75.     

Persentase Kemampuan BTAQ  mahasiswa *

95,00%

97.00%

Renstra

76.     

Kegiatan Kajian Keislaman yang diselenggarakan secara berkala dan diikuti oleh civitas akademika

1 kali tiap bulan

(skor 4)

Skor 3.80

1 kali tiap bulan

(skor 4)

AMI/Formulir  SPMI UPPS/PRIPM

77.     

Mahasiswa yang lulus pesantren mahasiswa dengan nilai A

83.01%

74.77%

(rekap AMI Prodi)

83.01%

Renstra

78.     

Mahasiswa yang lulus pesantren calon sarjana dengan nilai A

83.59%

75.56%

(rekap AMI Prodi)

83.59%

Renstra

79.     

Mahasiswa yang lulus pesantren calon Dokter dengan nilai A

98,82%

98%

 

80.     

Persentase Mata Kuliah (di luar PAI dan Pesantren) yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam

30%

52.37%

(rekap AMI Prodi)

30%

AMI/Formulir SPMI Prodi

81.     

Indeks Proses Pembelajaran (IPP)

3.38

Ganjil: 3.41

Genap: 3.41

 

3.41

 

3.43

Renstra

82.     

Indeks Proses Layanan (IPL)

2.90

Ganjil: 3.18

Genap: 3.18

 

3.18

 

3.00

Renstra

83.     

Indeks Kinerja Dosen (IKD)

3.13

3.22

(rekap AMI UPPS)

3.20

Renstra

84.     

Indeks Kinerja Tenaga Kependidikan (IKTK)

2.90

3.07

(rekap AMI UPPS)

3.0

Renstra

85.     

Indeks Kepuasan

Kerja (IKK) dosen

3.11

3.06

(rerata IKK dosen)

3.24

Renstra

86.     

Indeks Kepuasan Kerja (IKK) Tendik

3.0

2.87

(rerata IKK tendik)

3.10

Renstra

87.     

Realisasi Rencana Tindakan Korektif atau Tindak Lanjut hasil evaluasi (AMI)

90%

86.89%

(rekap AMI UPPS)

90%

AMI/Formulir  SPMI UPPS & Prodi

Standar Internasional (ASIC)

88.     

Tersedianya dokumen sertifikat yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan di bidang kesehatan/ sanitasi atau laporan inspeksi yang memuaskan dari  Dinas Kesehatan setempat

 

 

Up date sertifikat kesehatan kantin

 

89.     

Tersedianya formulir pernyataan pelaksanaan kesehatan dan keselamatan

 

 

Formulir

 

90.     

Tersedia penilaian risiko kesehatan dan keselamatan serta mitigasi risikonya dari organisasi eksternal yang memenuhi syarat dengan kualifikasi yang terpenuhi

 

 

Up date sertifikat keamanan kampus dari dinas kebakaran

 

91.     

Tersedianya sertifikat pelatihan pertolongan pertama, pencegahan kebakaran dan keadaan darurat, serta keselamatan di area berbahaya

 

 

Update peserta pelatihan

 

92.     

Pemakaian LMS Moodle oleh Dosen dan mahasiswa

90%

95%

100%

 

93.     

Pemakaian Microsoft 365 dosen dan mahasiswa

40%

40%

50%

 

94.     

Pemakaian Fasilitas Hybrid

40%

40%

50%