Target Mutu Unisba 2021


No INDIKATOR UNIVERSITAS SARJANA (S1) MAGISTER (S2) DOKTORAL (S3) REFERENSI
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
1   Kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan PkM yang relevan dengan Program Studi dan dikelola oleh UPPS RK = 1.25 RK = 1.25 RK = 1.25 RK = 1.25 APT/APS
2 Kerjasama tingkat internasional, nasional, wilayah/lokal yang relevan dengan program studi dan dikelola oleh UPPS Skor 4 Internasional 1% , Nasional 7% (Dari DT) Skor 4 Internasional 1 , Nasional 2 Skor 4 Internasional 1 , Nasional 3 Skor 4 Internasional 2 , Nasional 3 APT/APS
3   Persentase dosen tetap dengan pendidikan doktor/doktor terapan/subspesialis yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi 50% 50% FK: 40% 100% 100% APT/APS
4 Jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional Guru Besar terhadap jumlah seluruh dosen tetap 17 Orang (DT) Skor 3,5 (55% , minimal 2)   APT/APS
5 Persentase dosen tetap dengan jabatan lektor kepala dan guru besar yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi 25% FK : 60% 70% 70% APT/APS
6   Persentase dosen tetap dengan jabatan minimal lektor yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi 80% 80% APS
7 Rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap/DTPS 35 – 45 Eksakta 15 – 35 Sosial 25 – 45 FK : Akademik 10 – 20 FK : Profesi 5 – 15 20 10 APT/APS
8   Persentase jumlah dosen yang memiliki sertifikat pendidik  profesional /sertifikat profesi terhadap jumlah seluruh dosen tetap 80% 80% 80% 80% APT/APS
9 Kesesuaian Proses Pembelajaran (Waktu dan Materi Kuliah) dengan RPS (“SS”) 85% 85% 85% 85% RENSTRA/SM
10   Rata-rata kehadiran dosen dalam perkuliahan (PK) 95% 95% 95% 95% RENSTRA/SM
11   Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Lulusan 3,35 3,63 3,58 APT/APS
12 Rata-rata masa studi lulusan 3.5 – 4.5 Tahun 1.5 – 2.5 tahun 2.5 – 3.5 tahun APT/APS
13 Persentase Kelulusan Tepat Waktu (KTW) 62% 62% 62% 62% APT/APS
14 Persentase keberhasilan studi 80% Untuk setiap program 80% 80% 80% APT/APS
15 Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan   75% 75% 75% 75% APS
16 Penelitian DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi 30% 30% 50% 75% APS
17 Penelitian DTPS yang menjadi rujukan tesis/disertasi 25% 50% APS
18   PkM DTPS yang dalam pelaksanaannya melibatkan mahasiswa program studi   25% 25% APS
19 Luaran penelitian dan PkM dosen tetap (RLP) RLP = 0.4 RLP = 0.4 RLP = 0.7 RLP = 0.7 APT/APS
20 Integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran oleh DTPS 30% 30% 50% 50% APS
21 Publikasi ilmiah DTPS yang sesuai dengan bidang program studi Skor 3,75 (internasional 2.5% dan nasional 34%) Skor 3,75 (internasional 5% dan nasional 67%) Skor 3,75 (internasional 5% dan nasional 67%) APS
22   Publikasi Dosen di jurnal Skor 3,75 (internasional bereputasi 2.5% dan  internasional/nasional terakreditasi 34%) Skor 3,75 (internasional bereputasi 2.5% dan  internasional/nasional terakreditasi 34%) Skor 3,75 (internasional bereputasi 2.5% dan  internasional/nasional terakreditasi 34%) Skor 3,75 (internasional bereputasi 2.5% dan  internasional/nasional terakreditasi 34%) APT
23   Publikasi Dosendi seminar/ tulisan di media masa Skor 4 (seminar internasional 3,4%) Skor 4 (seminar internasional 3,4%) Skor 4 (seminar internasional 3,4%) Skor 4 (seminar internasional 3,4%) APT
24   Persentase dana perguruan tinggi yang berasal dari mahasiswa  terhadap total perolehan dana perguruan tinggi. 60% APT  
25   Penggunaan dana untuk operasional pendidikan per mahasiswa per tahun (DOP) 15 Juta 15 Juta 25 juta 35 jt APT/APS
26 Rata-rata dana penelitian dosen/ tahun. 20 Juta 10 Juta 20 Juta 30 Juta APT/APS
27 Rata-rata dana PkM dosen/ tahun 4.5 juta 4.5 juta 4.5 juta 4.5 juta APT/APS
28 Persentase penggunaan dana penelitian terhadap total dana perguruan tinggi. 5% APT  
29 Persentase penggunaan dana PkM terhadap total dana perguruan tinggi 1.4% APT
30 Jumlah prestasi  akademik mahasiswa skor 3,5 (internasional 0,01%, nasional 0,34%) Skor 3,5 (internasional 0,02%, nasional 0,34%) Skor 3,5 (internasional 0,1%, nasional 0,67%) Skor 3,5 (internasional 0,2%, nasional 0,67%)   APT/APS
31   Pencapaian prestasi  nonakademik mahasiswa skor 3,5 (internasional 0,02%, nasional 0,67%) Skor 3,5 (internasional 0,04%, nasional 0,67%) APT/APS
32   Rata-rata Masa Tunggu (RMT) lulusan memperoleh pekerjaan yang pertama 6 Bulan 6 Bulan APT/APS
33 Kesesuian bidang kerja lulusan 80% 80% 80% APT/APS
34 Tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan Skor 3,2 (Multinasional/internasional 0.4% Nasional 6.7%) Skor 3,2 (Multinasional/internasional 0.4% Nasional 6.7%) APT/APS
35   Tingkat  kepuasan pengguna lulusan Skor 3,3 3,3 3,3 3,3 APS/APT  
36   Publikasi ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama Dosen, dengan judul yang relevan dengan bidang program studi terhadap jumlah seluruh mahasiswa Skor 3.0 (seminar nasional 3.4%) Skor 3.2 (jurnal internasional bereputasi/seminar inasional 0.15%, jurnal internasional/seminar nasional 6.7%) Skor 3.25 (jurnal internasional bereputasi/seminar inasional 0.25%, jurnal internasional/seminar nasional 10%) APS
37   Luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan mahasiswa, baik secara mandiri atau bersama Dosen sesuai kompetensi prodi (NLP) NLP = 0.4 NLP = 0.4 NLP = 0.7 NLP = 0.7 APS
38 Artikel ilmiah mahasiswa, yang dihasilkan secara mandiri atau bersama DTPS, yang disitasi 1 1 1 APS
39   Perolehan status terakreditasi program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Unggul : 5 A : 6 Baik Sekali : 4 B : 10 Baik : 2 APT
40 Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup perguruan tinggi atau fakultas oleh lembaga internasional atau internasional bereputasi 3 APT
41   Perolehan akreditasi program studi oleh lembaga akreditasi internasional bereputasi 16 APT
STANDAR KHUSUS  UNISBA
42 Kegiatan Kajian Keislaman yang diselenggarakan secara berkala dan diikuti oleh civitas akademika 1 kali tiap bulan (skor 4) 1 kali tiap bulan (skor 4) 1 kali tiap bulan (skor 4) 1 kali tiap bulan (skor 4) RENSTRA
43     Mahasiswa yang lulus pesantren mahasiswa dengan nilai A 65% 65% RENSTRA
44 Mahasiswa yang lulus pesantren calon sarjana dengan nilai A 80% 80% RENSTRA
45   Persentase Mata Kuliah (di luar PAI dan Pesantren) yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam 25% 25% 50% 50% RENSTRA
46 Indeks Proses Pembelajaran (IPP) 3.25 3.25 3.25 3.25 RENSTRA
47 Indeks Proses Layanan (IPL) 3.00 3.00 3.00 3.00 RENSTRA
48 Indeks Kinerja Dosen (IKD) 3.5 3.5 3.5 3.5 RENSTRA
49   Persentase penelitian dosen dan mahasiswa yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam 20% 20% 50% 50% RENSTRA
50   Persentase  PkM dosen yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam 20% 20% 20% 20% RENSTRA
51 Indeks Proses Pembelajaran (IPP) 3.2 3.2 3.2 3.2 RENSTRA
52 Indeks Kinerja Tenaga Kependidikan (IKTK) 3.0 3.0 3.0 3.0 RENSTRA
53 Indeks Kepuasan Kerja (IKK) dosen 3.0 3.0 3.0 3.0 RENSTRA
54 Indeks Kepuasan Kerja (IKK) Tendik 3.0 3.0 3.0 3.0 RENSTRA
55 Realisasi Rencana Tindakan Korektif atau Tindak Lanjut hasil evaluasi 80% 80% 80% 80%