No |
INDIKATOR |
TARGET 2021-2022 |
CAPAIAN SEBELUMNYA |
TARGET 2022-2023 |
REFERENSI |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT |
|||||
1. |
Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup perguruan tinggi atau fakultas oleh lembaga internasional atau internasional bereputasi |
3 |
1 (ASIC) |
2 (ASIIN, FIBAA) |
APT |
2. |
Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup perguruan tinggi atau fakultas oleh lembaga nasional bereputasi (selain BAN-PT) |
– |
ISO 9001:2015 |
1 (ISO 21001:2018) |
APT |
3. |
Perolehan sertifikasi/ akreditasi eksternal lingkup unit (laboratorium, perpustakaan, dll) oleh lembaga nasional atau internasional bereputasi |
– |
1 |
1 |
APT |
4. |
Perolehan akreditasi program studi oleh lembaga akreditasi internasional bereputasi |
16 |
13 (ASIC) |
3 (Ekonomi Pembangunan, Statistika, Farmasi) |
APT |
5. |
Perolehan status terakreditasi program studi oleh BAN-PT atau Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). |
Unggul : 6 (PWK & I.Komunikasi, Psikologi) A : 5 Baik Sekali : 7 (Statistika, MPSI & Perbankan Syariah) B : 10 Baik : 2 |
Unggul : 6 A : 5 Baik Sekali : 4 B : 13 Baik : 4 |
Unggul : 7 (MIKOM) A : 5 Baik Sekali : 7 (MPWK, TI, TMBG) B : 9 Baik : 4 |
APT |
6. |
Persentase jumlah pelaksanaan kerja sama pendidikan, penelitan dan PkM di tingkat internasional (rasio terhadap jumlah dosen tetap) |
2.11% |
17,84% (83/465) |
4.22% (20 kerja sama internasional) |
Renstra |
7. |
Persentase jumlah pelaksanaan kerja sama pendidikan, penelitan dan PkM di tingkat nasional (rasio terhadap jumlah dosen tetap)
|
15.35% |
41,38% (192) |
16.90% (80 kerja sama nasional) |
Renstra |
8. |
Jumlah kerja sama (SPK) dengan perguruan tinggi yang masuk ke dalam kategori QS World University Rankings by Subject |
1 |
3 (University of Malaya) |
2 |
Renstra |
9. |
Jumlah kerja sama dengan perguruan tinggi tingkat nasional |
45 |
108 |
50 |
Renstra |
10. |
Jumlah kerja sama dengan Industri Dunia Kerja dan Dunia Usaha (IDUKA), dan organisasi nirlaba dalam negeri |
49 |
32 |
59 |
Renstra |
11. |
Jumlah kerja sama dengan IDUKA, dan organisasi nirlaba luar negeri |
5 |
5 |
9 |
Renstra |
12. |
Rasio jumlah pendaftar terhadap jumlah pendaftar yang lulus seleksi pada program utama (S1) |
1:3.00 |
Jumlah pendaftar S1 = 7685 Jumlah pendaftar lulus seleksi S1 = 3977
Rasio: 7685 / 3977 = 1:1,93 |
1:3 |
Renstra |
13. |
Persentase jumlah mahasiswa asing terhadap seluruh jumlah mahasiswa
|
0.26% |
2 / 12.027 = 0,0166%
2 org mahasiswa asing jenjang sarjana
Mahasiswa aktif jenjang sarjana 12.027 |
0.26% |
Renstra |
14. |
Persentase dosen tetap dengan pendidikan doktor/doktor terapan/subspesialis yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi |
35% |
33,51%
Dosen tetap (NIDN + NIDK)
Jumlah Dosen NIDN: 465 Jumlah Dosen NIDK: 108 Total: 573
Jumlah Dosen Doktor NIDN: 166 NIDK: 26 Total: 192
|
40%
Proyeksi Penambahan Dosen pendidikan S3 · Tambang: 1 · Syariah: 1 · Psikologi: 1 · Fikom: 2 Dakwah: 1 |
Renstra |
15. |
Jumlah dosen yang memiliki jabatan fungsional Guru Besar terhadap jumlah seluruh dosen tetap |
17 |
19 GB (3,31%) Profesor (NIDN) 1. A Harits Numan 2. Atie Rachmiatie 3. Atih Rohaeti Dariah 4. Dey Ravena 5. Edi Setiadi 6. Hilwati Hindersah 7. Muhardi 8. Nandang Sambas 9. Neni Sri Imaniyati 10. Neni Yulianita 11. Toto Tohir
Minus Alm.Prof Dikdik
Profesor (NIDK): 1. Hendro Sudjono Yuwono 2. Herri S Sastramihardja 3. Jusuf Sulaeman Effendi 4. Maman Abdurrahman 5. Nanan Sekarwana 6. Nuzirwan Acang 7. Rachmat Syafe’i 8. Sutawanir Darwis |
23 GB (4.01%)
Proyeksi Penambahan GB
1. Bu Ike (sudah keluar SK profesornya) 2. Pa Wildan 3. Bu Dila 4. Bu Ina
|
APT |
16. |
Persentase dosen tetap dengan jabatan lektor kepala yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi Program Studi
|
20.26% |
18,85% (108/573)
Jumlah Dosen LK NIDN: 91 NIDK: 17 Total: 108
|
19.54% (112/573)
Yg Sedang Proses LK: Proses Dikti : 1. Rini lestari 2. Santun bhekti rahimah 3. Ade Mahmud 4. Udin saripudin |
Renstra |
17. |
Persentase jumlah dosen yang memiliki sertifikat pendidik profesional /sertifikat profesi terhadap jumlah seluruh dosen tetap |
80% |
62,65% (359/573) Dosen Yang memiliki Serdos NIDN: 333 NIDK: 26
|
66,8% (383/573)
Yang Potensial bs serdos jk melihat kualifikasi sudah punya jabfung dan pangkat: 24 org (sudah termasuk dirosah) |
APT |
18. |
Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap jumlah seluruh dosen |
10% |
23,57 (13509/573)
Jumlah Mahasiswa aktif: Sarjana: 12.027 Profesi: 462 Magister: 947 Doktor: 73 Total: 13.509
Jumlah Dosen Tetap (NIDN+NIDK): 573 |
Skor 4 = 20 – 30 |
APT
|
19. |
Rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap |
20 – 30 |
32.79 (478/14579) |
Skor 4 = 20 – 30 |
APT |
20. |
Persentase judul penelitian dosen tetap dengan sumber pembiayaan luar negeri |
5% (24 judul) |
(3 judul) (Form AMI LPPM) |
5% (24 judul) |
APT
Ke LPPM |
21. |
Persentase judul penelitian dosen tetap dengan sumber pembiayaan DN (nasional) |
10% (49 judul) |
(74 judul) (Form AMI LPPM) |
10% (49 judul) |
APT |
22. |
Persentase judul PkM dosen tetap dengan sumber pembiayaan luar negeri |
1 % (5 judul) |
3 judul (Form AMI LPPM) |
1 % (5 judul) |
APT |
23. |
Persentase judul PkM dosen tetap dengan sumber pembiayaan DN (nasional) |
2% (9) |
29 judul (Form AMI LPPM) |
2% (9) |
APT
|
24. |
Rata-rata jumlah pengakuan atau rekognisi dosen tetap |
16.67% (80) |
88,60% (412/465) |
Skor 4 = 16.67% (80) |
APT |
25. |
Persentase dana perguruan tinggi yang berasal dari mahasiswa terhadap total perolehan dana perguruan tinggi. |
59.31% |
52.02% |
52.02% |
Renstra |
26. |
Persentase perolehan dana perguruan tinggi yg bersumber dr selain mahasiswa dan kementerian/lembaga terhadap total perolehan dana perguruan tinggi
|
7.63% |
5.37% |
5.4% |
APT/Renstra |
27. |
Penggunaan dana untuk operasional pendidikan per mahasiswa per tahun (DOP) |
17.65 juta |
17.64 juta
|
18.15 juta |
APT/Renstra |
28. |
Rata-rata dana penelitian dosen/ tahun |
14.1 juta |
44.80 (rekap AMI) |
15.1 juta |
APT/Renstra |
29. |
Rata-rata dana PkM dosen/ tahun |
5 juta |
20.20 (rekap AMI) |
7.60 juta |
APT/Renstra |
30. |
Persentase penggunaan dana penelitian terhadap total dana perguruan tinggi. |
2.82% |
11.97% (Form AMI Keuangan)
|
3.54% |
APT/Renstra |
31. |
Persentase penggunaan dana PkM terhadap total dana perguruan tinggi |
0.76% |
0.75% (Form AMI Keuangan)
|
1.01% |
APT |
32. |
Persentase prestasi akademik mahasiswa di tingkat internasional (dibawah bimbingan dosen pembimbing)
|
0.08% |
0.08% (rata-rata AMI UPPS) 0.14% (21/14579)
(Form AMI Kemahasiswaan) |
Skor 4 = 0.017%
Target = 0.10%
|
APT/Renstra |
33. |
Persentase prestasi akademik mahasiswa di tingkat nasional (dibawah bimbingan dosen pembimbing) |
0.40% |
0.54% (rata-rata AMI UPPS)
0.0006% (10/14579) (Form AMI Kemahasiswaan) |
0.33% (43 juara)
Target = 0.47%
|
APT/Renstra |
34. |
Persentase prestasi non-akademik mahasiswa di tingkat internasional |
0.33% |
0.13% (rata-rata AMI UPPS)
|
Skor 4 = 0.03%
Target = 0.48% |
APT/Renstra |
35. |
Persentase prestasi non-akademik mahasiswa di tingkat nasional |
0.51% |
0.47% (rata-rata AMI UPPS)
|
Target = 0.68% |
APT/Renstra
|
36. |
Jumlah responden tracer study (1 angkatan) |
50% |
P:2004 R:1919
95.76% |
50% |
APT |
37. |
Rata-rata Masa Tunggu (RMT) lulusan memperoleh pekerjaan yang pertama
|
Maksimal 6 Bulan |
3.76 bulan (Data tracer) |
Skor 4 = 6 bulan |
APT |
38. |
Persentase lulusan sarjana yang mendapat pekerjaan dengan gaji lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum |
31,26% |
19,56% (Data tracer) |
38,17% |
IKU PTN / RENSTRA |
39. |
Persentase lulusan sarjana yang berwirausaha dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus atau sudah berwirausaha sebelum lulus dan pendapatan lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum |
11,33% |
6,04% (Data tracer) |
12.55% |
IKU PTN / RENSTRA |
40. |
Persentase lulusan sarjana yang melanjutkan studi di dalam atau luar negeri kurang dari 12 bulan setelah lulus |
15,94% |
5,99% (Data tracer) |
16.86% |
IKU PTN / RENSTRA |
41. |
Persentase lulusan magister yang melanjutkan studi di dalam atau luar negeri kurang dari 12 bulan setelah lulus |
4,55% |
– |
5.55% |
IKU PTN / RENSTRA |
42. |
Persentase lulusan sarjana yang menjadi pekerja lepas dalam waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus atau sudah menjadi pekerja lepas sebelum lulus dan pendapatan lebih dari 1.2 (satu koma dua) kali lipat upah minimum |
4,23% |
1.50% (Data tracer) |
4.69% |
IKU PTN / RENSTRA |
43. |
Kesesuian bidang kerja lulusan (program utama) |
55% |
62.56% (Data tracer) |
57% |
APT/RENSTRA |
44. |
Jumlah responden lulusan yang dinilai oleh pengguna lulusan |
10% |
21.31% (Data tracer) |
12% |
APT |
45. |
Persentase jumlah judul publikasi dosen di jurnal internasional bereputasi terhadap dosen tetap |
5.7% |
31.39% (146/465) (rekap form SPMI prodi) |
8.6% |
APT/Renstra |
46. |
Persentase jumlah dosen yang publikasi di jurnal internasional dan jurnal nasional terakreditasi terhadap dosen tetap |
10% |
46.66% (217/465) (rekap form SPMI prodi) |
10.55% |
APT/Renstra |
47. |
Persentase jumlah dosen yang publikasi di seminar internasional/ tulisan di media massa terhadap dosen tetap
|
3.4% |
36.98% (172/465) (rekap form SPMI prodi) |
Skor 4 = 3.4% |
APT/Renstra |
48. |
Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap berupa paten dan paten sederhana |
7,17% |
23.87% (111/465) (rekap form SPMI prodi) |
7,59% |
APT/Renstra |
49. |
Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap yang mendapatkan pengakuan HAKI (hak cipta, desain industri, perlindungan varietas tanaman, desain tata letak sirkuit terpadu) |
18,35% |
18.06% (111/465) (rekap form SPMI prodi) |
20.46% |
APT/Renstra |
50. |
Persentase Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap dalam bentuk teknologi tepat guna, produk terstandardisasi, produk tersertifikasi, karya seni, rekayasa sosial |
1.27% |
0.64% (3/465) (rekap form SPMI prodi) |
1.48 |
APT/Renstra |
51. |
Persentase Jumlah luaran penelitian/PkM Dosen Tetap yang diterbitkan dalam bentuk buku ber-ISBN, book chapter |
21,68% |
32.04% (149/465) (rekap form SPMI prodi) |
22,68% |
APT/Renstra |
52. |
Persentase mahasiswa yang mendapatkan paling sedikit 20 SKS dari kegiatan di luar kampus (dengan dosen pembimbing) |
5,00% |
4,14%
|
5% |
IKU PTN/Renstra |
53. |
Persentase prodi S1 yang melaksanakan kerja sama dengan mitra heptahelix (pemerintah/organisasi, IDUKA, perguruan tinggi, masyarakat/asosiasi,) kelas dunia dalam pengembangan kurikulum, penyerapan lulusan dan kegiatan tridarma lainnya
(mitra kelas dunia termasuk didalamnya mitra dalam negeri namun spectrum kegiatannya di lingkup internasional dan mitra yang domisili di luar negeri) – perlu pembahasan lebih lanjut |
10,53% |
– |
17.02% |
IKU PTN/Renstra
|
54. |
Persentase mata kuliah S1 yang menggunakan metode pembelajaran, pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (tim base project) sebagai 50% bobot evaluasi |
1% |
62,12%
|
60 % |
IKU PTN/Renstra |
55. |
Persentase jumlah karya rujukan (handbook, textbook, monograf, ensiklopedia, dan kamus) yang diakui secara internasional |
0,21% |
– |
0.63% |
IKU PTN/Renstra |
56. |
Persentase jumlah penelitian yang diterapkan atau dikerjakan untuk lembaga pemerintah, perusahaan swasta, BUMN/BUMD, organisasi nirlaba, organisasi mutilateral atau internasional |
11,48% |
– |
12.21% |
IKU PTN/Renstra |
57. |
Persentase jumlah karya terapan (produk fisik, digital, dan algorithma) yang mendapat penghargaan atau dipakai oleh perusahaan/organisasi pemerintah/non-pemerintah |
7,22% |
– |
7.48 |
IKU PTN/Renstra |
58. |
Jumlah penghargaan atas prestasi dan kinerja di tingkat internasional |
12 |
– |
15 |
IKU PTN/Renstra |
59. |
Jumlah penghargaan atas prestasi dan kinerja di tingkat nasional yang diakui oleh asosiasi yang terdaftar di Kementrian Perindustrian dan KADIN |
5 |
– |
8 |
IKU PTN/Renstra |
60. |
Jumlah dosen yang berkegiatan tridarma di kampus lain (QS100) berdasarkan bidang ilmu (yang dibuktikan melalui kontrak atau surat keputusan antara perguruan tinggi asal dan organisasi luar kampus) |
1 |
– |
3 |
IKU PTN/Renstra |
61. |
Jumlah dosen yang bekerja sebagai praktisi di dunia industri sebagai peneliti, konsultan, pegawai penuh waktu atau paruh waktu (yang dibuktikan melalui kontrak atau surat keputusan antara perguruan tinggi asal dan organisasi luar kampus) |
95 |
– |
97 |
IKU PTN/Renstra |
62. |
Jumlah dosen membina mahasiswa yang berhasil meraih prestasi tingkat nasional atau internasional |
8 |
– |
11 |
IKU PTN/Renstra |
63. |
Jumlah dosen praktisi (berpendidikan S3 yang relevan dengan prodi, memiliki sertifikasi kompetensi atau profesi yang diakui, atau berpengalaman profesional di DUDI) yang mengajar di dalam kampus |
63 |
– |
68 |
IKU PTN/Renstra |
64. |
Presentase tenaga kependidikan (di luar laboran) yang memiliki sertifikat kompetensi terhadap jumlah seluruh tendik tetap |
66,00% |
65.00% |
69.00% |
IKU PTN/Renstra |
65. |
Presentase laboran yang memiliki sertifikat laboran dan sertifikat kompetensi lainnya |
90,00% |
68.00% |
70.00% |
IKU PTN/Renstra |
STANDAR KHUSUS UNISBA |
|||||
66. |
Jumlah kelas internasional* |
Persiapan |
Persiapan |
Pembukaan 1 prodi (Prodi Manajemen “FEB”) |
Renstra |
67. |
Jumlah pusat unggulan IPTEK dan laboratorium berorientasi profit * |
3 |
– |
4 |
Renstra |
68. |
Jumlah kegiatan ilmiah berskala nasional dan internasional (seminar, konferensi, kuliah tamu, bedah buku, pameran produk teknologi dan/atau seni)* |
70 |
– |
75 |
Renstra |
69. |
Jumlah jurnal terakreditasi yang ada di lingkungan Unisba* |
4 |
13 (data upt pub) |
15
Penambahan: 1. PWK 2. Matematika
|
Renstra/AMI/UPT Publikasi |
70. |
Jumlah jurnal internasional bereputasi yang ada di lingkungan Unisba * |
2 (belum bereputasi) |
2 (belum bereputasi) |
3 (belum bereputasi)
Potensi penambahan terdiri dari:
Fakultas: 1 Universitas: 2 |
Renstra |
71. |
Jumlah prodi dengan kurikulum yang berbasis Outcome Based Education (OBE) |
2 |
4
Prodi Statistika, Farmasi, Ekonomi Pembangunan, dan Hukum Keluarga Islam. |
5
Potensi penambahan dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah
|
Renstra |
72. |
Persentase tema PPkM yang menginternalisasi nilai-nilai Islam dan berorientasi internasional* |
37,00% |
– |
40.00% |
Renstra |
73. |
Persentase penelitian dosen dan mahasiswa yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam |
25% |
68.08% |
30% |
AMI/Formulir SPMI Prodi |
74. |
Persentase PkM dosen yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam |
25% |
74.84% |
30% |
AMI/Formulir SPMI Prodi |
75. |
Persentase Kemampuan BTAQ mahasiswa * |
95,00% |
– |
97.00% |
Renstra |
76. |
Kegiatan Kajian Keislaman yang diselenggarakan secara berkala dan diikuti oleh civitas akademika |
1 kali tiap bulan (skor 4) |
Skor 3.80 |
1 kali tiap bulan (skor 4) |
AMI/Formulir SPMI UPPS/PRIPM |
77. |
Mahasiswa yang lulus pesantren mahasiswa dengan nilai A |
83.01% |
74.77% (rekap AMI Prodi) |
83.01% |
Renstra |
78. |
Mahasiswa yang lulus pesantren calon sarjana dengan nilai A |
83.59% |
75.56% (rekap AMI Prodi) |
83.59% |
Renstra |
79. |
Mahasiswa yang lulus pesantren calon Dokter dengan nilai A |
– |
98,82% |
98% |
|
80. |
Persentase Mata Kuliah (di luar PAI dan Pesantren) yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam |
30% |
52.37% (rekap AMI Prodi) |
30% |
AMI/Formulir SPMI Prodi |
81. |
Indeks Proses Pembelajaran (IPP) |
3.38 |
Ganjil: 3.41 Genap: 3.41
3.41
|
3.43 |
Renstra |
82. |
Indeks Proses Layanan (IPL) |
2.90 |
Ganjil: 3.18 Genap: 3.18
3.18
|
3.00 |
Renstra |
83. |
Indeks Kinerja Dosen (IKD) |
3.13 |
3.22 (rekap AMI UPPS) |
3.20 |
Renstra |
84. |
Indeks Kinerja Tenaga Kependidikan (IKTK) |
2.90 |
3.07 (rekap AMI UPPS) |
3.0 |
Renstra |
85. |
Indeks Kepuasan Kerja (IKK) dosen |
3.11 |
3.06 (rerata IKK dosen) |
3.24 |
Renstra |
86. |
Indeks Kepuasan Kerja (IKK) Tendik |
3.0 |
2.87 (rerata IKK tendik) |
3.10 |
Renstra |
87. |
Realisasi Rencana Tindakan Korektif atau Tindak Lanjut hasil evaluasi (AMI) |
90% |
86.89% (rekap AMI UPPS) |
90% |
AMI/Formulir SPMI UPPS & Prodi |
Standar Internasional (ASIC) |
|||||
88. |
Tersedianya dokumen sertifikat yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan di bidang kesehatan/ sanitasi atau laporan inspeksi yang memuaskan dari Dinas Kesehatan setempat |
|
|
Up date sertifikat kesehatan kantin |
|
89. |
Tersedianya formulir pernyataan pelaksanaan kesehatan dan keselamatan |
|
|
Formulir |
|
90. |
Tersedia penilaian risiko kesehatan dan keselamatan serta mitigasi risikonya dari organisasi eksternal yang memenuhi syarat dengan kualifikasi yang terpenuhi |
|
|
Up date sertifikat keamanan kampus dari dinas kebakaran |
|
91. |
Tersedianya sertifikat pelatihan pertolongan pertama, pencegahan kebakaran dan keadaan darurat, serta keselamatan di area berbahaya |
|
|
Update peserta pelatihan |
|
92. |
Pemakaian LMS Moodle oleh Dosen dan mahasiswa |
90% |
95% |
100% |
|
93. |
Pemakaian Microsoft 365 dosen dan mahasiswa |
40% |
40% |
50% |
|
94. |
Pemakaian Fasilitas Hybrid |
40% |
40% |
50% |
|