Pelatihan Auditor Internal ISO 21001:2018

Universitas Islam Bandung (UNISBA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang menerapkan Sertifikasi ISO yaitu ISO 9001:2015 yang masa berlakunya habis pada bulan Juni tahun 2021. Perkembangan saat ini dimana telah hadir ISO 21001:2018, dimana ISO 21001:2018 menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Educational Organizations Management System – EOMS). Sehingga perlu dan penting untuk memenuhi tantangan ini melalui Sosialisasi (AWARENESS) terkait dengan ISO 21001:2018 di lingkungan Universitas Islam Bandung.

Dalam rangka pendampingan migrasi ke ISO 21001:2018, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unisba menyelenggarakan Pelatihan Auditor Internal Terkait ISO 21001:2018 yang dilaksanakan secara luring di Aula Unisba, Kamis 13 Januari 2022. Kegiatan ini diikuti sebanyak 29 orang yang merupakan Auditor Internal di lingkungan Unisba.

Dalam arahannya, Wakil Rektor I Unisba, Prof. Ir. A. Harits Nu’man, M.T., Ph.D., IPM., mengatakan, sebagai auditor internal harus memiliki standar yang sama dalam mengamati, mengevaluasi, dan memonitoring kegiatan yang dilakukan oleh lembaga maupun program studi (prodi) dalam menjaga sistem penjaminan mutu internal. Untuk itu menurutnya, audit internal sebagai garda terdepan harus menjamin bahwa penjaminan mutu layak untuk diakui oleh lembaga luar dengan standar yang sudah ditetapkan.

“Kita coba tetapkan standar sesuai dengan kemampuan kita. Kita tetapkan indikator kerja utama sesuai dengan kemampuan yang bisa kita capai. Tetapi tentu tetap berproses untuk melaksanakan standarisasi mutu secara internasional, sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki,” ungkapnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Fungsional Peneliti dari Balai Besar Logam dan Mesin, Rita Normalia, S.T., MT., yang merupakan mitra Badan Standardisasi Nasional (BSN). Beliau memaparkan, auditor internal perlu diberikan pelatihan sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi yang nantinya akan ditanya oleh lembaga sertifikasi dan organisasi harus melakukan audit internal yang direncanakan untuk memberikan informasi tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang disesuaikan dengan kriteria audit agar diterapkan secara efektif.

Diakhir pembekalan materi, para peserta dibimbing dan diberi tugas untuk melaksanakan praktik sebagai audit internal. Para peserta yang hadir dibagi menjadi 5 Kelompok dengan auditee yang terdiri dari Bagian Kemahasiswaan & Alumni, Bagian Perencanaan dan Pengembangan Kelembagaan, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Fakultas MIPA, dan LPPM.

Kontak Kami

BPM Unisba
Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Bandung
Gedung LPPM Lt. 2, Jalan Hariangbanga No. 4-6 Bandung 40116, Jawa Barat, Indonesia
(022) 420-3368 ext. 6781, 6782
bpm@unisba.ac.id

Press ESC to close