Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) Tahun Akademik 2020/2021


Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar kegiatan pengembangan kompetensi dosen melalui pelaksanaan kegiatan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk Dosen Universitas Islam Bandung dan Universitas binaan Unisba. Hal ini merupakan bentuk komitmen Perguruan Tinggi dalam mengembangkan dan meningkatkan Kompetensi Dosen di Universitas Islam Bandung serta Universitas binaan Unisba. Program PEKERTI menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen sejalan dengan amanah UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Kegiatan PEKERTI berlangsung mulai hari Senin sampai dengan hari Jum’at (5 – 9 April 2021) dengan memanfaatkan platform zoom meeting. Acara ini merupakan bentuk komitmen Unisba kepada dosen-dosen di lingkungan Unisba dan Universitas binaan Unisba untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan PEKERTI dibuka oleh Rektor Universitas Islam Bandung pada hari Senin, 5 April 2021. Narasumber dalam pelatihan ini memiliki kapabilitas dan kompeten sesuai bidangnya masing-masing. Adapun materi pelatihan PEKERTI terdiri dari:

  1. Urgensi Profesionalisme Dosen dalam Pelaksanaan Perkuliahan, disampaikan oleh Prof. Ir. A. Harits Nu’man, PhD., IPM.
  2. Penyusunan Kontrak Kuliah dan Kurikulum Berbasis KKNI dan SN Dikti, disampaikan oleh Dr. Yeti Sumiyati, S.H., M.H.
  3. Desain Instruksional, disampaikan oleh Dr. Helmi Aziz, M.Pd.I.
  4. Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Inovasi Pembelajaran Digital dan Inovasi Modul Digital, disampaikan oleh Dr. Ani Yuningsih, Dra., M.Si.
  5. Standar Proses dan Penilaian Pembelajaran, disampaikan oleh Icih Sukarsih, S.Si., M.Si.
  6. OBE dan Asesmen Berbasis Outcome, disampaikan oleh Dr. Lasmanah, S.E., M.Si.
  7. Integrasi Penelitian dan PkM dalam Pembelajaran, disampaikan oleh Dr. Ir. Dudi Nasrudin Usman, S.T., M.T.
  8. Strategi pembelajaran online dengan menggunakan Learning Manajement System Moodle, disampaikan oleh Dr. Luthfi Nurwandi, S.T., M.T.
  9. Simulasi penyusunan perangkat pembelajaran di Perguruan Tinggi, diantaranya penyusunan analisis pembelajaran, rencana pembelajaran semester, rancangan tugas mahasiswa, dan penyusunan pengukutan ketercapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah Dosen Unisba dan juga Dosen di lingkungan Universitas binaan Unisba, diantaranya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sebelas April Sumedang, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya, Universitas Bina Bangsa Banten, Universitas Bina Insani Bekasi, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Wiralodra.