Pembahasan Hasil Review Dokumen Implementasi SPMI Unisba dengan Narasumber dari KJM UGM


Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT) Unisba bertujuan menjamin pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu. Oleh karena itu dalam rangka melakukan peningkatan Sistem Penjaminan Mutu di Unisba, BPM Universitas Islam Bandung mengajukan permohonan review untuk dokumen implementasi SPMI Unisba kepada Kepala Bagian Penjaminan Mutu Pendidikan Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada, yaitu Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. pada tanggal 14 Juli – 04 Agustus 2021. Adapun dokumen implementasi SPMI Unisba yang direview, antara lain:
1. Dokumen SPMI (Buku I – IV);
2. Laporan Audit Mutu Internal (AMI);
3. Laporan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan RTM Fakultas; dan
4. Laporan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Setelah dilakukan review, BPM Universitas Islam Bandung selanjutnya menyelenggarakan kegiatan untuk membahas hasil review dokumen implementasi SPMI Unisba dengan narasumber yaitu Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 secara daring. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua dan para Kepala Bidang di BPM Unisba.

Dalam kegiatan tersebut narasumber menjelaskan secara keseluruhan bahwa dokumen implementasi SPMI Unisba sudah berjalan dengan baik, hal-hal yang disampaikan oleh narasumber pun berupa saran-saran untuk melakukan peningkatan dalam implementasi SPMI di Unisba. Tujuan dilaksanakannya review ini adalah untuk menjadi dasar dalam memperbaiki dan menindaklanjuti implementasi SPMI, karena pada periode Oktober 2021 ini akan diselenggarakan evaluasi dalam bentuk Audit Mutu Internal (AMI) untuk kinerja baik itu Unit, Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi Tahun Akademik 2020-2021.

Upaya ini terus dilakukan dalam rangka ikhtiar ke arah peringkat akreditasi “Unggul” untuk institusi yang salah satu point penilaiannya bahwa pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu terbukti efektif dengan memenuhi 4 aspek. Mudah-mudahan salah satu ikhtiar yang dilakukan ini dapat meningkatkan mutu Unisba dan meningkatkan budaya mutu di lingkungan Unisba.