Refreshing Auditor Internal Tingkat Universitas Tahun 2021


Pada minggu lalu, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Islam Bandung (Unisba) telah menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Kurikulum dan Refreshing Auditor Internal Tahun 2021 di tingkat Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi, dan kali ini BPM menyelenggarakan kegiatan refreshing auditor bagi para auditor internal untuk tingkat Universitas.

Kegiatan Refreshing Auditor ini dilaksanakan secara daring pada hari Selasa, 28 September 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua BPM, para Ketua Bidang di BPM serta para peserta yang terdiri dari 6 orang. Dalam kegiatan tersebut ketua BPM memberikan penjelasan bahwa instrumen atau formulir Audit Mutu Internal (AMI) untuk Universitas yang sudah dirancang oleh Ketua Bidang Standar Mutu yaitu Icih Sukarsih, S.Si., M.Si. dan Ketua Bidang Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dr. Lasmanah, S.E., M.Si. untuk pelaksanaan AMI tahun ini akan digunakan dalam mengaudit kinerja Tahun Akademik 2020/2021.

Pelaksanaan AMI ini merupakan wujud dari siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian Pelaksanaan dan Peningkatan (PPEPP) khususnya pada siklus Evaluasi dalam rangka meningkatkan proses dan kualitas sehingga diperlukannya tim auditor internal Unisba untuk dilibatkan dalam mengevaluasi kinerja setiap Lembaga/Bagian/Unit di Unisba. Dari pelaksanaan AMI ini dihasilkan temuan-temuan yang harus digali akar masalahnya sehingga akan menjadi bahan rujukan bagi UPPS, Program Studi dan Lembaga/Bagian/Unit di lingkungan Unisba untuk bisa melakukan tindak lanjut untuk ke arah perbaikan mutu yg lebih baik. Harapannya dalam pelaksanaan baik itu AMI di lingkungan UPPS maupun Program Studi dan di lingkungan Lembaga/Bagian/Unit di Unisba dapat berjalan dengan lancar.