Pelaksanaan Audit Mutu Internal Tahun 2021 di lingkungan Universitas


Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai Perguruan Tinggi yang berkomitmen meningkatkan budaya mutu Pendidikan Tinggi secara berkesinambungan melakukan siklus (P)enetapan Standar, (P)elaksanaan Standar, (E)valuasi Pelaksanaan Standar, (P)engendalian terhadap pelaksanaan Standar, dan (P)eningkatan Standar (PPEPP) dalam mengimplementasikan SPMI. Salah satu implementasi siklus PPEPP yaitu pelaksanaan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI).

Audit Mutu Internal (AMI) adalah penilaian secara komprehensif dan utuh terhadap suatu proses atau kegiatan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang ditetapkan dalam standar SPMI yang telah selesai dilakukan setiap akhir tahun akademik yang dilakukan oleh auditor internal Universitas Islam Bandung dan mengevaluasi apakah seluruh standar SPMI Universitas Islam Bandung telah dicapai atau terlampaui oleh setiap Unit Pengelola Program Studi (UPPS), Program Studi, Rektorat, Lembaga/Badan, dan Unit Kerja.

Setelah sebelumnya pelaksanaan AMI di lingkungan UPPS dan Program Studi Tahun 2021 dilaksanakan, kali ini pada minggu ke-3 dan ke-4 di bulan Oktober 2021, Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unisba menyelenggarakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun Akademik 2020/2021 di lingkungan Universitas pada tanggal 18 – 26 Oktober 2021. Sebanyak 1 Lembaga, 9 Bagian dan 3 Unit di lingkungan Universitas Islam Bandung melaksanakan kegiatan AMI ini secara luring.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan AMI ini memiliki tujuan yaitu pemeriksaan KEPATUHAN teraudit dalam menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal, pemeriksaan KESESUAIAN antara hasil pelaksanaan kegiatan yang tercantum dalam borang dan bukti pendukung dengan standar yang telah ditetapkan, evaluasi efektivitas pengendalian risiko, permintaan tindakan koreksi dan pemeriksaan tindakan koreksi, pemberian nilai (harkat dan peringkat) pada setiap standar, serta penyampaian rekomendasi dan penyusunan laporan. Adapun hasil yang didapat pada saat pelaksanaan AMI ini yaitu Efektivitas Pengendalian Risiko, Temuan Audit dan Tindakan Koreksi, serta Pencapaian Target Mutu.